Senin, 16 Mei 2016

Cara Membuat Daftar Isi dengan Mudah

Iruka Danishwara

Cara Membuat Daftar Isi - Biasanya jika Anda ingin membuat sebuah makalah, buku ataupun lainnya pasti membutuhkan daftar isi, untuk mempermudah para pembab menemukan intisari dari halaman pada karya tulis yang ingin dibacanya. Mengenai Ms. Word, aplikasi pada komputer yang satu ini adalah sebuah aplikasi terbaik dalam pengolahan kata. Hampir semua orang yang ada di dunia ini jika ingin mengetik, menulis, mengerjakan tugas, membuat laporan ataupun lainnya pasti menggunakan aplikasi milik Microsoft ini.

Jika jaman dahulu masyarakat Indonesia masih menggunakan mesin tik, namun di jaman modern seperti sekarang ini masyarakat sudah jarang menggunakan mesin tik, mereka beralih pada komputer ataupun laptop. Pada komputer atau laptop yang biasa digunakan tersedia program pengetikan seperti Ms. Word. Daftar isi adalah sebuah hal yang wajib dalam penulisan makalah, buku, ataupu n yang lainnya.

Pada artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat Daftar Isi yang mudah dengan menggunakan Ms. Word.

Cara Membuat Daftar Isi


  1. Buka aplikasi Ms. Word pada komputer Anda Setelah itu akan tampak lembar kerja. Anda harus mengaktifkan menu Ruler. Cara mengaktifkannya, kik ribbon View lalu centang pada pilihan Ruler.
  2. Setelah itu Anda ketik kata, Daftar Isi pada awal paragraf lalu Anda ratakan di tengah. Kemudian pada paragraf kedua ketikkan Kata Pengantar. Setelah itu, di area ruler berwarna putih Anda klik sehingga muncul seperti huruf “L” yang berwarna hitam. Buatlah tanda yang seperti itu sebanyak 2 buah dan aturlah posisinya.
  3. Setelah itu klik 2 kali pada tandan “L” tersebut dan akan keluar boxSetelah boxnya keluar maka Anda harus mengaturnya sebagi berikut:
  •     Di bagian tab stop position & default tab stop Anda abaikan saja.
  •     Pada bagaian alignment pilih yang Right
  •     Di tab leader pilih No. 2
  •     Lalu klik tombol Set
  •     Klik OK

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, perhatikan bahwa tanda “L” di atas telah berubah menjadi terbalik.

4. Langkah berikutnya, hover kursor Anda pada “Kata Pengantar. Setelah itu, klik tombol TAB yang terletak di keyboard, maka secara otomatis titik-titik tersebut keluar sampai tanda “L” yang posisinya terbalik itu.
5. Nah, selanjutnya Anda bisa menuliskan nomor halaman setelah titik-titik dengan menekan tombol TAB kembali sehingga kursor akan meloncat pada tanda “L” yang kedua.

Setelah semuanya selesai membuat titik-titik dan mengisi nomor pada halaman kata pengantar. Anda tidak perlu mengulangi langkah-langkah di atas lagi, yang harus Anda lakukan adalah melanjutkan pengetikan elemen-elemen dari Daftar Isi tersebut. Contoh seperti Kata Pengantar, Pendahuluan, Bab 1, sub-bab dan lain-lain ingat ya, harus Anda sesuaikan dengan tema karya tulis yang ingin Anda buat.

Jika Anda rasa cara di atas kurang sederhana, Anda bisa mencoba cara di bawah ini,

  1. Sebelum membuat daftar isi, kita perlu menandai bagian-bagian mana saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi. Bagian tersebut biasanya berupa heading atau judul bab, contoh: Bab 1 Pengantar, 1.1 Pengenalan Microsoft Office, dan seterusnya.
  2. Cara mudah untuk membuat heading adalah menggunakan heading styles yang sudah disediakan (built-in sytles) oleh Microsoft Word, yaitu Heading 1 sampai dengan Heading 9.
  3. Lebih jelasnya tentang cara menggunakan Styles, dapat dibaca di artikel ini: Menggunakan Styles di Word: Untuk Menjaga Format yang Konsisten pada Dokumen.
  4. Selain menggunakan built-in sytles, kita juga dapat membuat daftar isi berdasarkan custom styles yang kita gunakan atau style yang kita buat sendiri.
  5. Setelah menandai bagian untuk daftar isi, maka bisa dilanjutkan ke tahap pembuatannya.

Cara I: Membuat Daftar Isi dari Built-In Heading Styles

Gunakan cara ini bila dokumen menggunakan heading styles seperti Heading 1, Heading 2, dan seterusnya.

  1. Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi (biasanya di awal dokumen).
  2. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, pilih gaya daftar isi yang diinginkan.
  3. Table of Contents Group
  4. Format tampilan daftar isi.
  5. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents dan kemudian klik Insert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut:
  6. Tab leader, untuk membuat tab leader antara teks dan nomor halaman, antara lain: garis putus-putus, titik-titik atau tidak menggunakan tab leader.
  7. Formats, untuk memilih format tampilan daftar isi, seperti: template dokumen (sesuai dengan format yang kita buat), atau format lain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word seperti Classic, Fancy dan sebagainya.
  8. Show levels, ganti angka pada kotak di sampingnya untuk menambah/mengurangi level heading yang akan ditampilkan dalam daftar isi.

Cara II: Membuat Daftar Isi dari Custom Styles

Gunakan cara ini bila ada judul bab yang menggunakan custom style atau style yang kita buat sendiri pada heading untuk daftar isi.

  1. Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi.
  2. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, dan kemudian Insert Table of Contents.
  3. Klik Options.
  4. Table of Contents Options
  5. Di bagian Available styles, pilih style yang digunakan untuk heading atau judul bab dalam dokumen dengan mengisi angka pada kotak di TOC level. Isi angka 1 sampai 9 untuk menentukan level pada style.
  6. Ulangi langkah 4 untuk setiap style yang ingin disertakan dalam daftar isi.
  7. Klik OK.

Cara Update Daftar Isi

  1. Pada References tab, Table of Contents group, klik Update Table.
  2. Atau klik di bagian daftar isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik Update Table.
  3. Update Table of Content
  4. Klik:
  5. Update page numbers only, bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman bertambah/berkurang atau format nomor halaman berubah.
  6. Update entire table, bila ada penambahan/pengurangan heading atau bila ada perubahan teks pada heading atau judul bab.

Cara Menghapus Daftar Isi

  1. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents.
  2. Klik Remove Table of Contents.

Itulah cara memubat daftar isi. Cara di atas bisa memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda, khususnya untuk Anda yang sedang membuat karya tulis. Semoga bermanfaat!