Minggu, 05 Juni 2016

Cara Merawat Kucing Anggora dengan Mudah

Iruka Danishwara

Cara Merawat Kucing Anggora - TipsCaraDaftar | Anda pecinta kucing? Anda tertarik untuk memelihara kucing? Salah satu jenis kucing yang lucu dan menggemaskan adalah kucing anggora. Kucing Anggora memiliki bulu yang unik dan terlihat sangat menggemaskan, maka tidak heran jika para pecinta binatang menginginkan kucing anggora sebagai hewan peliharaannya. Namun jangan dikira gampang dalam merawat kucing jenis ini, karena cukup menguras waktu dan keahlian yang harus teliti sehingga kucing anggora ini bisa lebih terawat. Bisa dibayangkan jika kucing anggora yang sedemikian lucunya tapi tidak terawat dengan benar tentu akan mengurangi keindahan kucing tersebut.

Umumnya cara merawat kucing anggora terletak pada seputar kebersihan kucing dan kebersihan kandang sebagai tempat tinggalnya, di dalam kandang tersebut terdapat tempat makanan yang harus di bersihkan secara rutin karena makanan kucing harus diberikan setiap harinya. Terakhir untuk menjaga kesehatannya yang merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kucing anggora dengan melakukan vaksinasi secara berkala.

Kucing anggora memiliki berbagai macam warna yang unik-unik, mulai dari warna cokelat, warna hitam, warna putih, warna kemerah-merahan atau bisa juga perpaduan dari tiga bentuk warna yaitu hitam, putih dan perpaduan dengan warna lainnya. Cara memelihara kucing anggora terutama pada bulu yaitu harus ekstra hati-hati karena dapat mempengaruhi tampilan kucing tersebut. Bisa dibilang bahwa bulu merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh kucing peliharaan sehingga cara merawat kucing anggora harus ekstra hati-hati. Sebaiknya Anda menyimak artikel ini sebagai acuan cara merawat kucing anggora.

Cara Merawat Kucing Anggora



Ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai langkah-langkah mengenai bagaimana cara merawat kucing anggora dengan benar, yaitu:

1. Memandikan Dengan Rutin

Memandikan kucing anggora harus dilakukan secara rutin dan dilakukan dengan benar jangan sampai menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak dianjurkan untuk kucing. Pakailah shampo dan sabun yang khusus untuk kucing, karena jika Anda memaksakan memandikan kucing dengan shampoo dan sabun untuk manusia dikhawatirkan akan merusak bulu-bulu kucing.

2. Jagalah Kebersihan Kandang

Pembersihan kandang merupakan salah satu yang paling penting mengenai cara merawat kucing anggora, karena dengan kandang yang bersih maka akan menjaga timbulnya bahaya penyakit yang bahkan dalam kondisi tertentu dapat membahayakan pemiliknya sendiri. Lihat sekeliling kandang jika ada jamur-jamur yang menempel pada bagian kandang segeralah untuk membersihkannya. Saran yang terbaik untuk Anda mengenai pembersihan kandang ini adalah dengan membersihkannya secara rutin baik paling maksimal 3 minggu sekali harus segera di bersihkan kandangnya.
Untuk penggunaan kandang, pastikan kandang sesuai dengan besarnya ukuran kucing, jangan menjadikan kandang kucing yang berukuran kecil sementara kucingnya sendiri terbilang kucing yang berukuran sedang hingga besar.

3. Sesuaikan Porsi Makanan Dengan Berat Badan


Makanan yang ideal dapat mempengaruhi berat badan yang ideal, sebaliknya jika Anda akan memberikan makanan yang kurang bergizi ataupun berlebihan, maka berat badan untuk kucing akan berlebihan pula. Faktor ini merupakan faktor yang penting bagaimana memperlakukan kucing anggora dengan memperhatikan cara pemeliharaan kucing anggora melalui pola makan yang benar. Untuk minumnya, berilah minuman yang sudah matang dan jangan terlalu sering memberikan susu apalagi susu yang diperuntukkan untuk manusia.

4. Vaksinasi Dengan Rutin


Lakukanlah vaksinasi pada saat kucing berumur 3 bulan, ikutilah saran-saran yang diberikan oleh dokter hewan terkait kesehatan kucing anggora. Biasanya vaksinasi yang diharuskan adalah 3 kali vaksinasi.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Mawar

Itulah beberapa tips cara merawat kucing anggora yang benar, semoga bermanfaat dan kucing anggora milik Anda menjadi terawat, sehat dan lebih menggemaskan. Selamat mencoba!