Cara Hitung Persen yang Benar

Secara umum cara hitung persen adalah satu bagian perhitungan penting dalam ilmu matematika. Kamu pasti tahu kalau semua orang, khususnya mereka yang bekerja dalam dunia akuntansi akan selalu membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Siapa saja yang berkecimpung pada sektor perdagangan, tentunya wajib melakukan perhitungan persen dengan baik dan benar. Pasalnya, jika akumulasinya salah, risikonya adalah kerugian bagi diri sendiri atau konsumen, apalagi kalau kuantitas cukup banyak.

Jika kamu memahami dan mengetahui besaran persentase, seseorang pasti akan tahu dan menguasai suatu data yang sedang dihitung. Alhasil, kamu dapat menemukan perhitungan akhir dari jumlah budget yang harus disiapkan atau dibayarkan. 

Bagi kamu yang malas dalam dunia matematika, persentase adalah sesuatu yang sulit dilepaskan dalam kehidupan lho. Pasalnya, selama kamu dilibatkan dalam dunia perniagaan, hitungannya pasti wajib diketahui supaya tidak menyebabkan kesalahpahaman.

Pengertian Persen

Persen adalah sesuatu yang biasa digunakan untuk menggambarkan data dalam bentuk persentase. Ilmu matematika ini selalu diandalkan dalam melakukan perhitungan terhadap diskon, suku bunga, jumlah penduduk, dan kebutuhan lainnya. 

Persen bisa disebut sebagai bentuk bilangan yang mewakili sebagian, bahkan nilai atau barang dalam membentuk rasio per seratus secara menyeluruh. Selain itu, persen mempunyai nilai tak terhingga, sedangkan terendahnya adalah 0 persen yang dilambangkan dengan simbol %.

Sejarah Persen

Sejarah bilangan persen dimulai pada zaman romawi kuno, tepatnya ketika ada pemungutan pajak lelang dengan menggunakan fraksi 1/100, dimana nilai lelangnya disebut centesima rerum venalium saat itu. 

Simbol persen pun kerap kali berubah hingga berulang kali, awalnya adalah percento. Kata tersebut akhirnya diubah menjadi dua simbol, yakni per (/) dan cento (00). Bahkan, simbol persen ini sudah menjadi lambang utama yang masih digunakan sampai sekarang.

Rumus Persen

Secara harfiah bilangan persen mempunyai rumus sederhana, yakni:

Persentase (%) = (Jumlah Bagian)/(Jumlah Keseluruhan) x 100%.

Rumus ini biasanya digunakan untuk menghitung angka yang dianggap sebagai bagian dari nilai keseluruhan dalam ditulis dalam persentase, yaitu 100%.

Rumus Persen di Excel

Bukan rahasia umum bahwa Microsoft Excel adalah aplikasi yang sangat akrab dengan ilmu matematika, sedangkan perhitungan persen akan selalu diterapkan disana. Oleh karena itu, rumus persen sederhana di Excel yang harus kamu tahu adalah:

Persentase X = Nilai X/Nilai Pembanding x 100%.

Siapa saja yang bekerja sebagai accounting, admin, dan/ profesi lainnya yang akrab dengan Microsoft Excel, rumus tersebut wajib diketahui.

Cara Hitung Persen

menghitung persen dengan benar.

Matematika adalah sebuah ilmu pengetahuan yang akan selalu melekat, bahkan tidak pernah lepas dalam kehidupan sehari-hari. Persen menjadi salah satu dari sebagian kecil bagian perhitungan, dimana keberadaannya sangat akrab dan sering digunakan. 

Bagi kamu yang masih stuck soal persentase, jangan khawatir karena kami sudah merangkum pembahasannya lewat artikel ini. Kami akan membantumu supaya bisa menghitung, sekaligus menguasai rumusnya dengan cepat dan mudah.

Cara Menghitung Persen

Beberapa orang masih bingung, bahkan salah kaprah dalam menghitung angka dalam sistem persentase. Padahal, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Berikut simulasi sederhana nya yang perlu diketahui, yaitu:

Langkah 1: Ubah Angka 20% ke 20/100

Untuk memulai proses perhitungannya, kamu dapat melakukan hal-hal dibawah ini:

  • Pertama, masukkan angka 20 dibagian atas.
  • Tambahkan 100 sebagai rasio persentase di bagian bawahnya.

Langkah 2: Masukkan Angka Akumulasi

Jika sudah, maka bisa dilanjutkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Ubah kata ‘dari’ menjadi x sebagai jenis perhitungan yang akan dilakukan.
  • Silakan masukkan angka akumulasi yang bakal dihitung, misalnya 70.

Langkah 3: Hilangkan Angka 0

Kamu wajib menghilangkan semua angka 0 yang ada dalam perhitungan ini. Langkah ini adalah alternatif paling cepat untuk menghitung hasilnya.

Langkah 4: Hitung Angka yang Tersisa

Kalau semua angka 0 sudah dihilangkan, berarti angka yang tersisa adalah 2, 7, dan 1. Kamu dapat mengkalikannya, berarti 2 x 7 x 1 = 14. Jadi, 20/100 x 70 = 14%.

Cara Hitung Persen di Excel

Kamu mungkin pernah atau sering menggunakan Microsoft Excel untuk bekerja, apalagi menghitung pemasukan atau pengeluaran perusahaan setiap bulan. Maka dari itu, kamu dapat hitung persentase dengan panduan berikut:

  • Pertama, ketik manual dengan simbol % dalam cell excel sesudah penulisan angka, misalnya 10%, 20%, dst.
  • Ubah format data menjadi persen (%) pada tab Home-Number-Percentage (%).
  • Gunakan simbol (%) pada toolbar yang ada.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Kalkulator sudah menjadi alat penting untuk menghitung sesuatu yang sulit dilakukan, termasuk persentase. Oleh karena itu, kamu dapat mengakumulasinya dengan mengikuti rumus sederhana dibawah ini:

  • Pertama, ketik angka 15 pada papan angka yang muncul di layar.
  • Ketik (%) pada daftar simbol yang tersedia.
  • Kalau sudah muncul hasillnya, kalikan dengan angka 80.
  • Terakhir, tekan tombol = untuk mengetahui hasilnya.

Cara Menghitung Persen yang Benar

Untuk menstimulasi kamu supaya bisa menghitung persen dengan benar, kamu dapat mencoba contoh soal sederhana yang sudah kami siapkan dibawah ini:

Farah bertekad bahwa dia sudah menyelesaikan PR nya sampai 90% dari 40 soal yang sudah diberikan. Berapa jumlah soal yang sudah berhasil dikerjakan oleh Farah?

Diketahui: Dari 40 soal, sudah dikerjakan 90%.

Ditanya: Berapa jumlah soal yang telah dikerjakan?

Jawaban:

Jumlah Bagian = 90% x 40 = 90/100 x 40 = 36.

Berarti, Farah sudah berhasil mengerjakan 36 soal dari semua pertanyaan yang disediakan.

Cara Menghitung Persen yang Mudah

Kami akan mengevaluasi dirimu kembali dengan ilustrasi perhitungan persentase lainnya. Kamu dapat menyimak, kemudian menjawabnya secara cepat dan mudah seperti berikut:

Fadil baru saja membeli laptop seharga Rp.15,000,000 merek HP. Akan tetapi, laptopnya tiba-tiba mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki setelah 2 tahun penggunaan, dimana Fadil akhirnya menjualnya seharga Rp.13,500,000. Berapa persen kerugian yang diterima oleh Fadil?

Diketahui:

Harga beli laptop = Rp.15,000,000.

Harga jual laptop = Rp.13,500,000.

Ditanya: Kerugian?

Jawaban:

Kerugian = Harga beli – Harga jual

Kerugian = 15,000,000 – 13,500,000 = Rp.1,500,000

Persentase kerugian = Besar rugi/Modal (100%)

  • %Rugi = 1,500,000/15,000,000 x 100%
  • %Rugi = 0,1 x 100%
  • %Rugi = 10%

Fadil berarti menerima kerugian sebesar Rp.1,500,000 atau 10%.

Cara Menghitung Persen yang Praktis

Berikut merupakan panduan perhitungan persen yang praktis, dan tidak kalah cepat seperti sebelumnya, yakni:

Pak Burhan memberikan diskon sebesar 50% + 20% untuk semua produk pakaian yang dijual. Adit membeli baju bola dengan harga Rp.700,000. Lantas, berapa uang yang harus dikeluarkan oleh Adit?

Diketahui: Harga baju = Rp.700,000, dan diskon (50% + 20%)

Ditanya: Jumlah pembayaran?

Jawaban:

  • Diskon pertama: 50% x Rp.700,000 = (50/100) x Rp.700,000 = Rp.350,000
  • Diskon kedua: 20% x Rp.700,000 = (20/100) x Rp.700,000 = Rp.140,000

Jadi, jumlah pembayaran yang harus dibayar Adir adalah Rp.700,000 – Rp.350,000 – Rp.140,000 = Rp.210,000.

Persentase bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Kamu bisa mengatasinya dengan memahami, sekaligus mempelajari cara hitung persen seperti pembahasan diatas. Gimana, sudah bisa kan? Semoga bermanfaat yak:)