Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar
Orang Indonesia sudah terbukti masih sering membeli barang secara online di Shopee. Tak ayal, popularitasya semakin meroket, hingga mengalahkan beberapa platform serupa lainnya. Pelanggan pun berhak memesan, dan membatalkan pesanannya kapan saja asalkan tidak melanggar aturan.
Pihak Shopee sendiri memiliki wewenang
tentang ini, dimana pembeli harus mematuhi ketentuan dan syarat berlaku.
Gunanya agar kamu tidak menelan kerugian dan dapat membeli barang lain
nantinya.
Cara Membeli Barang di Shopee
Jika ingin memesan barang terbaik yang diinginkan di Shopee, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini:
- Buka aplikasi Shopee di HP kamu.
- Ketik nama produk Impian ke kolom pencarian, misalnya skincare.
- Klik Cari atau Search.
- Cari salah satu produk dari toko-toko yang tersedia, pastikan barangnya dijual dengan harga pasar saat ini.
- Jika sudah ketemu, tekan tombol Beli Sekarang.
- Klik Checkout.
- Pilih menu Metode Pembayaran.
- Gunakan salah satu opsi yang diinginkan, misalnya transfer bank.
- Tukar koin Shopee yang sudah terkumpul dan voucher untuk mendapatkan potongan harga menarik.
- Terakhir, tekan tombol Bayar Sekarang untuk memproses pesananmu.
Penyebab Pembatalan Pesanan di Shopee
- Penjual Tidak Responsif
- Permintaan Penjual
- Ulasan Produk Minor
- Pembeli Menemukan Barang Serupa yang Harganya Lebih Terjangkau
- Penjual Tidak Mengirim Produk dalam Waktu Tertentu
- Perubahan Alamat Pengiriman
- Pembeli Berubah Pikiran
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
cancel/membatalkan pesanan di Shopee yang belum di bayar. |
Siapa saja pasti pernah keliru dan salah membeli barang tertentu di Shopee. Jika kamu sedang mengalaminya, maka bisa menemukan solusinya lewat artikel ini. Kami akan membantumu untuk membatalkan salah satu atau beberapa produk yang belum dibayar.
Jangan khawatir
ditolak, biasanya permintaanmu akan diterima dan diproses lho. Pihak Shopee
menjamin kenyamanan dan kepuasan konsumen, agar kamu dapat belanja lebih mudah
dan nyaman untuk mendapatkan harga barang terbaik.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar
Bagi kamu yang ingin membatalkan
pesanan yang belum dibayar di Shopee, prosesnya sangat cepat dan mudah. Seperti
apa prosedurnya? Berikut tutorialnya untuk diperhatikan dengan baik, yaitu:
Langkah 1: Buka Aplikasi Shopee
Untuk memulai proses pembatalannya, simaklah tutorialnya yang sudah kami rangkum dibawah ini:
- Buka aplikasi Shopee di HP kamu terlebih dulu.
- Pada halaman utama, ketuk opsi Saya atau Me.
- Pilih menu Belum Dibayar pada daftar status pesananmu.
Langkah 2: Cek Barang
Jika sudah dibuka, kamu akan
melihat daftar jumlah produk yang belum dibayar. Cari salah satu item yang
ingin dibatalkan.
Langkah 3: Pilih Menu Batalkan Pesanan
Pada halaman berikutnya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
- Cek informasi pesanan yang belum dibayar.
- Geser layar ke bawah untuk menemukan opsi Batalkan Pesanan.
- Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.
Langkah 4: Beri Alasan
Pembatalan
Untuk membatalkan pesanannya, simaklah tutorialnya sebagai berikut:
- Berikan salah satu alasan pembatalan yang diinginkan, misalnya menemukan harga yang lebih murah di toko lain.
- Klik Konfirmasi.
- Permintaanmu akan diproses.
Langkah 5: Proses Pembatalan Pesanan
Berhasil
Pihak Shopee pun mengabulkan
pembatalan pesananmu. Kamu bisa mengecek status produk tersebut pada bagian Dibatalkan.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim
Bagi kamu yang ingin membatalkan salah satu pesanan di Shopee, apalagi kalau barangnya sudah dikirim maka bisa melakukannya dengan menyimak tutorial dari kami dibawah ini:
- Buka aplikasi Shopee di HP kamu terlebih dulu.
- Pada halaman utama, tekan tombol Saya atau Me di bagian kanan bawah.
- Cek status pesanan pada profilmu.
- Pilih menu Dikirim.
- Cek semua pesanan yang sudah dikemas dan dikirim ke alamat tujuan.
- Cari salah satu barang yang benar-benar ingin dibatalkan.
- Jika sudah ketemu, buka status pesanan tersebut.
- Geser layar ke bawah untuk menemukan menu Batalkan Pesanan.
- Berikan salah satu alasan pembatalan yang diinginkan.
- Klik Konfirmasi.
- Sistem akan meninjau permintaanmu selama beberapa detik.
- Jika diterima, dana akan dikembali ke akun Shopee kamu dalam kurun waktu 1x24 jam atau 7-14 hari (tergantung metode pembayaran yang digunakan).
Cara Mengembalikan Pesanan di Shopee
Untuk mengembalikan barang pesanan yang sudah dikirim, kamu harus menindaklanjuti dengan mengirimnya kembali supaya bisa ditukar dengan barang lain. Berikut langkah-langkahnya yang perlu diketahui, yaitu:
- Buka aplikasi Shopee di HP kamu terlebih dulu.
- Pilih menu Saya atau Me.
- Klik Pesanan Saya.
- Pilih menu Dikirim.
- Cari salah satu barang pesanan yang ingin dikembalikan.
- Klik Ajukan Pengembalian.
- Berikan salah satu alasan pengembalian barang yang tersedia.
- Pilih menu Pengembalian Barang dan Dana.
- Klik Kirimkan.
- Barang harus dikirim sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.
- Terakhir, permintaanmu akan diproses dalam kurun waktu 3-5 hari kerja sesudah pesanan tersebut diterima oleh penjual.
Demikian informasi lengkap
tentang cara membatalkan pesanan di Shopee yang belum dibayar, dan sudah
dikirim dengan mudah. Kamu bisa ajukan pembatalannya, sehingga dana yang sudah
diserahkan dapat dikembalikan lagi. Gimana, sudah bisa belum? Klo sudah bisa, jangan lupa bagikan dengan temen-temenmu ya. Semoga membantu!