Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar

Pernahkah kamu membeli sebuah produk tertentu di Shopee? Beberapa orang mungkin pernah salah memesan barang, sehingga ingin cancel item tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan cara membatalkan pesanan di Shopee yang belum dibayar.

Shopee sudah menjadi salah satu aplikasi belanja online terbaik saat ini. Kamu bisa menemukan berbagai macam barang berkualitas, dan harganya terjangkau dibandingkan e-commerce lainnya, guna menunjang kebutuhan sehari-hari di rumah.

Orang Indonesia sudah terbukti masih sering membeli barang secara online di Shopee. Tak ayal, popularitasya semakin meroket, hingga mengalahkan beberapa platform serupa lainnya. Pelanggan pun berhak memesan, dan membatalkan pesanannya kapan saja asalkan tidak melanggar aturan. 

Pihak Shopee sendiri memiliki wewenang tentang ini, dimana pembeli harus mematuhi ketentuan dan syarat berlaku. Gunanya agar kamu tidak menelan kerugian dan dapat membeli barang lain nantinya.

Cara Membeli Barang di Shopee

Jika ingin memesan barang terbaik yang diinginkan di Shopee, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee di HP kamu.
  • Ketik nama produk Impian ke kolom pencarian, misalnya skincare.
  • Klik Cari atau Search.
  • Cari salah satu produk dari toko-toko yang tersedia, pastikan barangnya dijual dengan harga pasar saat ini.
  • Jika sudah ketemu, tekan tombol Beli Sekarang.
  • Klik Checkout.
  • Pilih menu Metode Pembayaran.
  • Gunakan salah satu opsi yang diinginkan, misalnya transfer bank.
  • Tukar koin Shopee yang sudah terkumpul dan voucher untuk mendapatkan potongan harga menarik.
  • Terakhir, tekan tombol Bayar Sekarang untuk memproses pesananmu.

Penyebab Pembatalan Pesanan di Shopee

Pembeli tidak pernah membatalkan pesanannya sembarangan. Mereka melakukannya karena mempertimbangkan hal-hal tertentu, sedangkan beberapa acuan utamanya adalah seperti berikut:

  • Penjual Tidak Responsif

Kamu pasti pernah menemukan, bahkan berinteraksi dengan salah satu penjual yang kurang responsif di Shopee. Contoh, kamu mengirim pesan jam 8 pagi, tapi dibalas jam 11 malam. Tak ayal, pembeli akhirnya memutuskan untuk membatalkan pesanannya.

  • Permintaan Penjual

Penyebab berikutnya mengapa pembatalan pesanan terjadi adalah permintaan penjual sendiri. Mereka mungkin akan mengirim pesan, yakni konfirmasi bahwa pesananmu tidak akan diproses lebih lanjut, misalnya jasa ekspedisi tidak tersedia, dll.

  • Ulasan Produk Minor

Beberapa orang semakin cermat dan jeli ketika membeli produk di Shopee. Tak bisa dimungkiri banyak konsumen sering membatalkannya. Kondisi ini diakibatkan oleh review pesanan, dan produk yang sangat minor (buruk) dari pembeli lain yang sudah memesannya.

  • Pembeli Menemukan Barang Serupa yang Harganya Lebih Terjangkau

Kejadian ini hampir sering terjadi dalam kegiatan jual beli online. Shopee adalah e-commerce yang menampung banyak pedagang di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kamu akan batalkan pesanan karena menemukan item serupa yang harganya lebih murah.

  • Penjual Tidak Mengirim Produk dalam Waktu Tertentu

Kamu mungkin memutuskan untuk membatalkan pesanan di Shopee karena penjual tak kunjung memproses, apalagi mengirimnya dalam kurun waktu tertentu. Pasalnya, konsumen akan menolak proses pengiriman lebih dari 1-2 pekan.

  • Perubahan Alamat Pengiriman

Alasan berikutnya adalah kamu ingin mengubah alamat pengiriman di Shopee. Tak mustahil kalau suatu saat kamu akan pindah rumah, dimana lokasinya wajib diubah dan pesanan yang belum dibayar harus segera dibatalkan.

  • Pembeli Berubah Pikiran

Penyebab terakhir mengapa pembatalan barang pesanan di Shopee terjadi adalah pembeli, yakni kamu sendiri berubah pikiran. Kamu mungkin tak sadar sudah memesan item, dimana sebenarnya produk tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

cancel/membatalkan pesanan di Shopee yang belum di bayar.

Siapa saja pasti pernah keliru dan salah membeli barang tertentu di Shopee. Jika kamu sedang mengalaminya, maka bisa menemukan solusinya lewat artikel ini. Kami akan membantumu untuk membatalkan salah satu atau beberapa produk yang belum dibayar. 

Jangan khawatir ditolak, biasanya permintaanmu akan diterima dan diproses lho. Pihak Shopee menjamin kenyamanan dan kepuasan konsumen, agar kamu dapat belanja lebih mudah dan nyaman untuk mendapatkan harga barang terbaik.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar

Bagi kamu yang ingin membatalkan pesanan yang belum dibayar di Shopee, prosesnya sangat cepat dan mudah. Seperti apa prosedurnya? Berikut tutorialnya untuk diperhatikan dengan baik, yaitu:

Langkah 1: Buka Aplikasi Shopee

Untuk memulai proses pembatalannya, simaklah tutorialnya yang sudah kami rangkum dibawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee di HP kamu terlebih dulu.
  • Pada halaman utama, ketuk opsi Saya atau Me.
  • Pilih menu Belum Dibayar pada daftar status pesananmu.

Langkah 2: Cek Barang

Jika sudah dibuka, kamu akan melihat daftar jumlah produk yang belum dibayar. Cari salah satu item yang ingin dibatalkan.

Langkah 3: Pilih Menu Batalkan Pesanan

Pada halaman berikutnya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Cek informasi pesanan yang belum dibayar.
  • Geser layar ke bawah untuk menemukan opsi Batalkan Pesanan.
  • Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.

Langkah 4: Beri Alasan Pembatalan

Untuk membatalkan pesanannya, simaklah tutorialnya sebagai berikut:

  • Berikan salah satu alasan pembatalan yang diinginkan, misalnya menemukan harga yang lebih murah di toko lain.
  • Klik Konfirmasi.
  • Permintaanmu akan diproses.

Langkah 5: Proses Pembatalan Pesanan Berhasil

Pihak Shopee pun mengabulkan pembatalan pesananmu. Kamu bisa mengecek status produk tersebut pada bagian Dibatalkan.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim

Bagi kamu yang ingin membatalkan salah satu pesanan di Shopee, apalagi kalau barangnya sudah dikirim maka bisa melakukannya dengan menyimak tutorial dari kami dibawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee di HP kamu terlebih dulu.
  • Pada halaman utama, tekan tombol Saya atau Me di bagian kanan bawah.
  • Cek status pesanan pada profilmu.
  • Pilih menu Dikirim.
  • Cek semua pesanan yang sudah dikemas dan dikirim ke alamat tujuan.
  • Cari salah satu barang yang benar-benar ingin dibatalkan.
  • Jika sudah ketemu, buka status pesanan tersebut.
  • Geser layar ke bawah untuk menemukan menu Batalkan Pesanan.
  • Berikan salah satu alasan pembatalan yang diinginkan.
  • Klik Konfirmasi.
  • Sistem akan meninjau permintaanmu selama beberapa detik.
  • Jika diterima, dana akan dikembali ke akun Shopee kamu dalam kurun waktu 1x24 jam atau 7-14 hari (tergantung metode pembayaran yang digunakan).

Cara Mengembalikan Pesanan di Shopee

Untuk mengembalikan barang pesanan yang sudah dikirim, kamu harus menindaklanjuti dengan mengirimnya kembali supaya bisa ditukar dengan barang lain. Berikut langkah-langkahnya yang perlu diketahui, yaitu:

  • Buka aplikasi Shopee di HP kamu terlebih dulu.
  • Pilih menu Saya atau Me.
  • Klik Pesanan Saya.
  • Pilih menu Dikirim.
  • Cari salah satu barang pesanan yang ingin dikembalikan.
  • Klik Ajukan Pengembalian.
  • Berikan salah satu alasan pengembalian barang yang tersedia.
  • Pilih menu Pengembalian Barang dan Dana.
  • Klik Kirimkan.
  • Barang harus dikirim sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.
  • Terakhir, permintaanmu akan diproses dalam kurun waktu 3-5 hari kerja sesudah pesanan tersebut diterima oleh penjual.

Demikian informasi lengkap tentang cara membatalkan pesanan di Shopee yang belum dibayar, dan sudah dikirim dengan mudah. Kamu bisa ajukan pembatalannya, sehingga dana yang sudah diserahkan dapat dikembalikan lagi. Gimana, sudah bisa belum? Klo sudah bisa, jangan lupa bagikan dengan temen-temenmu ya. Semoga membantu!