Cara Daftar Haji Reguler Paling Mudah

Cara Daftar Haji Reguler - TipsCaraDaftar | Taukah kalian?? Ada satu hal kegiatan yang tidak pernah pudar dari kata booming di segala era,tidak ada kata kuno dan ketinggalan jaman. Kegiatan itu adalah Umro atau naik Haji. Tradisi menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.


Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Zulhijah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah, dan berakhir setelah melempar jumrah pada tanggal 10 Zulhijah. Masyarakat Indonesia lazim juga menyebut hari raya Idul Adha sebagai Hari Raya Haji karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.

Setiap orang Islam yang mampu dalam hal biaya,kemampuan tubuh dan ilmu sangat diwajibkan mengikuti ata melaksanakan ibadah haji. Pelaksanaan haji di negara kita dibedakan menjadi dua jenis yakni haji reguler yang seluruhnya diselenggarakan oleh pemerintah dan yang kedua adalah haji khusus (Haji ONH Plus) yang diselenggarakan oleh penyelenggara ibadah haji khusus yang memperoleh ijin dari Kementerian Agama RI. Perbedaan lainnya yaitu dari cara pendaftaran, nominal pembayaran dan sarana yang diperoleh saat di tanah suci. Haji reguler biasanya akan berada kurang lebih 40 hari di sana sementara haji khusus cuma berada di sana 25 hari saja.

Mungkin diantara anda masih bertanya tanya dan banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mendaftar haji, maka pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang bagaiamana Cara Mendaftar Haji Reguler Maupun Haji Plus.



Perlu diketahui, bahwa pada dasarnya penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia terbagi dalam dua yaitu Haji Reguler dan Haji Plus dengan perbedaannya berikut ini :
  • Haji Reguler Diselenggarakan oleh pihak pemerintah. 
  • Haji Khusus atau Haji Plus Diselenggarakan oleh pihak swasta yaitu PIHK/Biro Haji/TravelPenyelenggara Haji Khusus. 
Perbedaan antar keduanya terletak pada pada cara setoran pendaftaran, jumlah pembayaran, dan fasilitas yang didapat selama di tanah suci tentu akan berbeda jauh. Peserta Haji Reguler akan menginap selama 40 hari di tanah suci sedangkan pada ONH Plus cukup 25 hari saja.

Cara Daftar Haji Reguler


Cara Mendaftar Haji Secara Reguler

1. Membuka Rekening Haji

Tak semua bank mau menerima setoran haji, dulu beberapa Bank Konvensional masih ditunjuk sebagai Bank Penerima Setoran untuk haji,Namun sekarang Hanya Bank Syariah saja yang ditunjuk Kementrian Agama untuk menerima setoran Pendaftaran Haji, diantaranya: BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Muamalat,Bank Syariah Mandiri, dll.

Perlu dicatat, rekening haji berbeda dengan rekening tabungan biasa. Maka jika anda ingin membuka rekening untuk tabungan haji, katakan kepada Customer Service yang melayani bahwa anda akan membuka rekening haji.

2. Mencari Surat Keterangan Sehat dan Golongan Darah dari Puskesmas

Surat keterangan kesehatan ini nantinya akan dibawa ke Kantor Kemenag beserta buku tabungan haji (jika sudah mencapai 25 juta). jangan lupa untuk menjelaskan ke petugas di puskesmas bahwa Anda meminta surat pengantar kesehatan untuk mendaftar haji.

3. Mengisi Surat Pendaftaran Pergi Haji di Kantor Kementerian Agama

Nah jika tabungan telah mencapai 25 juta, anda dapat mendaftarkan ke Kementerian Agama untuk mendapatkan SPPH dan Nomor Porsi. Anda bisa mendapatkan Surat Pendaftaran Pergi Haji atau biasa disingkat dengan SPPH di Kantor Kementerian Agama Kota atau Kabupaten (bukan KUA kecamatan).

Jelaskan bahwa anda ingin mendaftar haji, maka anda akan diberi SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji) dalam bentuk Formulir. Isi formulir sesuai data yang anda miliki, dalam surat itu ada beberapa kolom diantaranya yang dibutuhkan adalah Nomor Rekening Haji, NIK, Golongan Darah dan data lainnya. untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

4. Mengajukan Porsi di Bank

Sesudah mendapat lembar Surat Pendaftaran Pergi Haji atau SPPH dari Kementria Agama setempat, anda harus pergi ke Bank tempat anda menyetor dengan membawa SPPH tersebut untuk mendapatkan porsi. Jelaskan pada Customer Service bank bahwa anda ingin mendapatkan nomor porsi untuk keberangkatan haji. Pastikan uang dalam tabungan anda sudah mencapai 25 juta rupiah, karena jika kurang dari itu anda belum berhak mendapatkan porsi haji. Berikut adalah contoh lembaran Bukti Setoran Awal BPIH.

5. Melaporkan ke Kantor Kementerian Agama

Jika sudah mendapatkan nomor porsi dan bukti setoran awal BPIH, langkah berikutnya adalah kembali ke Kantor Kementerian Agama dengan membawa berkas berikut:

Bukti setoran awal BPIH 
1 Lembar Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH)
Foto berwarna, 80% wajah, pakaian gelap, background putih (tidak berkacamata) = 3×4 (10 lembar), 4×6 (2 lembar)
Foto copy Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas (4 Lembar)
Foto copy Akta Kelahiran / Buku Nikah / Ijazah (2 Lembar)
copy Kartu Keluarga (2 Lembar)
Foto copy KTP
Semua proses diatas bisa dikerjakan sendiri dan tidak dikenai biaya (kecuali cetak foto, foto copy, periksa kesehatan). Setelah anda melakukan semua proses diatas anda bisa duduk santai dan menunggu di tahun kapan anda bisa naik haji. anda bisa cek tahun keberangkatan anda di website kemenag.go.id. jangan lupa untuk segera melunasi semua biaya. keberangkatan maka porsi anda akan gugur dan digantikan yang sudah lunas.

Cara Mendaftar Haji Plus / Haji Khusus

Untuk pendaftaran pembayaran haji ONH Plus, calon jamaah haji harus menyetor tabungan haji plus minimal sebesar 4500 USD untuk mendapatkan nomor porsi ONH Plus dengan rincian 500 USD untuk DP ke Travel Haji Plus dan 4000 USD untuk setoran awal BPIH ke Kemenag.

Setelah mendapat nomor porsi ONH Plus, calon haji bisa menyerahkan semua berkas yang dibutuhkan ke Travel Biro Penyelenggara Haji ONH Plus. Pelunasan ONH Plus 4 bulan setelah calon haji mendapat kepastian nomor porsi hajinya bisa berangkat di tahun musim haji yang ditetapkan.

Jumlah pembayaran Biaya Naik Haji ONH Plus mulai 8500 USD sampai 12000 USD tergantung fasilitas hotel dan jumlah teman sekamar yang dipilih (Double, Triple Atau Quad). Semakin dekat hotel atau penginapan dengan Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah maka semakin mahal pula biaya ONH Plus travel tersebut.

Dengan membaca artikel ini kami harap anda dapat mendapatkan informasi dan anda pun dapat menunaikan ibadah haji anda dengan nyaman dan terpadu secara benar.

Baca Artikel Lainnya:

  1. Cara Daftar Line di Android dengan Mudah
  2. Cara Daftar Instagram Lewat Facebook
  3. Cara Daftar M Banking BCA
  4. Cara Daftar MTix Online
  5. Cara Daftar BPJS Online Perorangan 
  6. Cara Daftar NPWP Online
  7. Cara Daftar Bitcoin Wallet
Admin Cans
Admin Cans Hai, siapa aku?