Senin, 11 April 2016

Cara Membuat Animasi Sederhana dengan Mudah

Iruka Danishwara

Cara Membuat Animasi - TipsCaraDaftar | Anda sering menonton kartun? Pastilah Anda tahu apa itu animasi. Ya, belakangan ini banyak orang yang mencoba berinovasi dengan membuat animasi, walau animasi yang dibuat sangatlah sederhana. Namun, tidak ada salahnya karena mulai dari sederhana, Anda bisa terus berlatih dan membuat animasi yang keren.
Baca : Daftar Cara Membuat Makanan

Anda tertarik untuk membuat animasi, namun tidak tahu harus mulai dari mana? Anda bisa memulainya di rumah di depan laptop atau pc Anda. Yang Anda perlukan hanyalah kesungguhan niat bahwa Anda memang ingin belajar membuat Animasi. Dengan begitu, Anda akan sabar untuk mempelajarinya, karena membuat animasi tidak bisa dikuasai dalam satu hari ataupun dua hari. Butuh ketekunan dan keuletan serta kesabaran dalam mempelajar animasi. Bagaimana cara membuat animasi?
Mulailah dari sini.

Cara Membuat Animasi


  • Bukalah Photoshop, buatlah dokumen baru dengan Ctrl + N. Ukuran canvas terserah, biasanya digunakan ukuran 500x500 pixels untuk belajar.
  • Buatlah sebuah lingkaran menggunakan Ellipse Tool di menu bar samping atau ikon bundar. Ubahlah warna di Foreground color dengan kode #aad985 atau berwarna hijau.
  • Berikan garis hitam disekeliling lingkaran dengan klik duakali di bagian layer lingkaran hijau.
  • Maka lingkaran yang berwarna hijau dengan garis pinggir hitam telah berhasil dibuat. Buatlah layer baru dan pindahkan layer tersebut di bawah layer lingkaran hijau. Setelah itu kita buat setengah badannya menggunakan Pen Tool atau bisa dengan klik P di keyboard. Buatlah seperti gambar dibawah. Untuk mengisi path yang telah tersambung cukup dengan klik kanan dan pilih Fill Path.
  • Hapuslah path yang masih ada pada gambar dengan klik kanan dan pilih Delete Path.
  • Buatlah garis pinggir pada gambar badan seperti pada lingkaran yang dibuat tadi.
  • sekarang kita buat matanya persis dengan membuat kepala tadi dengan Ellipse Tool dan berikan garis pinggirnya serta titik hitam ditengahnya. Setelah itu gandakan mata yang telah dibuat tadi dengan menekan Ctrl + J pada keyboard.
  • Wajah tanpa mulut pasti tidak lengkap, sekarang kita buat mulutnya dengan Pen Tool hanya dengan membuat garis sedikit melengkung. Klik kanan pada path melengkung tersebut dan pilih Stroke Path. Ketebalan Brush harus diatur ke poin 5.
  • Sekarang kita akan menggabungkan antara background putih yang telah digandakan, kepala, kedua mata, badan, dan mulut dengan tekan Ctrl + Shift + E.
  • Sekarang kita akan membuat mata berkedip. Sebelum itu kita harus menyembunyikan gambar yang telah digabung dan kedua mata dengan menghilangkan tanda mata hitam di layer.
  • Mata berkedip dapat dibuat dengan menggunakan Pen Tool dengan sesuai pola yang diinginkan. Caranya sama dengan membuat senyum. jangan lupa gandakan dan geser posisinya serta mengubah arahnya 180 derajat.
  • Gabungkan layer-layer seperti background putih, mata berkedip, senyum, badan, dan kepala seperti menggabungkan gambar yang tadi sehingga kita mendapatkan dua buah gambar sempurna.
  • Ini bagian yang ditunggu-tunggu, kita akan menggerakkan matanya. Sebelum itu, kita harus mengaktifkan menu animasi dengan pilih Window lalu Animation.
  • Muncullah menu animasi di bagian bawah layar kerja, untuk memanggil semua layer yang akan dibuat menjadi animasi tekan bagian yang diberi warna merah, lalu pilih Make Frames From Layers.
  • Kita hanya membutuhkan bagian layer yang sempurna, untuk itu kita harus menghapus layer-layer yang tidak dibutuhkan. Hapuslah semua layer kecuali yang terdapat kotak merah dengan meng-klik ikon tong sampah yang dibawah.
  • tinggal tersisa dua layer, kita bisa memutarnya dengan meng-klik bagian warna biru dan bisa mengatur waktu per layer di bagian warna merah. Kali ini saya pake yang 1 sec biara ada efek lamanya.
  • Ini yang penting. Cara menyimpannya yaitu dengan klik File pilih Save for Web & Devices. atau tekan Alt + Shift + Ctrl + S di keyboard.
  • Muncul kotak dialog, lalu klik Ok. Muncul lagi kotak dialog terakhir yang memberi perintah tempat menyimpan file dan nama file. klik OK.
Baca Juga : Daftar Cara Membuat 
  1. Cara Membuat Dubsmash Video dengan Mudah
  2. Cara Membuat Bunga Kertas Sederhana dengan Mudah
  3. Cara Membuat Akun COC dengan Sangat Mudah
  4. Cara Membuat Aplikasi dengan Mudah 
  5. Cara Membuat CV dengan Mudah dan Contohnya
  6. Cara Membuat Pancake Sederhana dengan Cepat 
  7. Cara Membuat Akun Gmail dengan Sangat Mudah 
  8. Cara Membuat Akun BBM dengan Mudah
  9. Cara Membuat Desain Kaos dengan Mudah
  10. Cara Membuat Aquarium dengan Mudah
Memang membuat animasi tidak semudah tutorialnya. Anda butuh kesabaran ekstra untuk mengasah kemampuan Anda, dan tidakc ukup sehari dua hari untuk menguasainya, Anda perlu belajar terus-menerus. Jangan menyerah. Selamat mencoba!