Jumat, 22 April 2016

Cara Membuat Bunga Kertas Sederhana dengan Mudah

Iruka Danishwara

Cara Membuat Bunga Kertas - TipsCaraDaftar | Banyak orang mencari tahu cara membuat bunga dari kertas, maka berikut adalah beberapa tutorial cara membuat bunga dari kertas yang sederhana dan mudah untuk dipraktekan di rumah. Dengan adanya bunga dengan aneka warna yang menghiasi rumah Anda, tentu akan memberikan suasana yang ceria. Bunga dari kertas ini banyak sekali dibuat untuk dijadikan hiasan ruangan kadang juga dijadikan hiasan pada saat pesta pernikahan atau ulang tahun.


Untuk membuat bunga kertas ini kita akan menggunakan kertas krep dengan berbagai pilihan warna sesuai dengan kesukaan Anda. Bunga kertas ini sangat cocok untuk dijadikan penghias pada vas bunga, penghias kamar tidur, atau bisa juga diberikan kepada kekasih tercinta sebagai ukapan rasa sayang. Oke langsung saja kita membuat aneka bunga sederhana dari kertas krep.

Cara Membuat Bunga Kertas


Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Seperti biasa sebelum membuat prakarya ini Anda harus menyiapkan peralatan serta bahan yang dibutuhkan untuk membuat bunga kertas ini. Berikut alat dan bahan yang harus Anda siapkan.

  •     Kertas krep, kertas karton atau bisa juga menggunakan tisu warna.
  •     Gunting
  •     Kawat, yang akan digunakan sebagai tangkai bunga
  •     Kertas untuk membungkus tangkai bunga (optional)
  •     Selotip, stapler dan atau lem.
  •     Foto atau permen dengan ukuran kecil (optional)
  •     Setelah semua peralatan dan bahan yang diperlukan tersedia saatnya untuk lanjut praktek cara membuat bunga dari kertas.

Sebagai pembelajaran awal kita akan membuat bunga kertas yang sederhana yang mudah untuk dipraktekan di rumah.


  1. Untuk langkah awal kita akan membuat kelopak bunganya terlebih dahulu.
  2. Siapkan kertas satu lembar, pilih warna favorit Anda. Buat kelopak bunga dari kertas warna dengan ukuran panjang 2,5 cm, potong dengan menggunakan gunting. Buat kelopak bunga dengan jumlah minimal 6 kelopak bunga.
  3. Untuk memudahkan dalam membuat kelopak bunga, Anda bisa membuat pola pada kertas kemudian gunting mengikuti ola yang telah dibuat. Akan lebih bagus bila Anda bisa membuat 6 kelopak bunga dengan ukuran berbeda, tapi kalau tidak bisa samakan saja semua ukurannya.
  4. Jika Anda ingin membuat karya Anda mirip dengan bunga asli, maka Anda bisa menggulung kelopak bunga tersebut menggunakan pensil agar kertas berbentuk melengkung menyerupai kelopak bunga
  5. Membuat bagian tengah bunga yang unik.
  6. Anda bisa menggunakan apapun untuk menghias bagian tengah bunga. Bisa memberikan putik bunga agar mirip bunga asli atau bisa juga menggunakan variasi lain seperti foto kekasih hati, manik-manik, permen, manik-manik atau bisa juga menggunakan gumpalan tisu agar menghasilkan karya yang lebih nyata.
  7. Setelah bagian tengahnya siap susun kelopak yang sudah ada sehingga membentuk suatu bunga. Tempelkan kelopak pada bagian tengah bunga dengan menggunakan lem yang kuat. Setelah lem tersebut kering Anda bisa melihat bentuk dari bunga kertas Anda.
  8. Menyiapkan tangkai bunga kertas
  9. Anda bisa menggunakan apapun sebagai tangkai bunga ini seperti sumpit, kawat, ranting kecil atau tangkai buatan yang bisa Anda dapatkan di toko. Bahkan Anda juga bisa menggunakan sedotan yang untuk dijadikan tangkai, pastikan bentuk serta panjang tangkai ini sesuai dengan bunga yang Anda buat.
  10. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ranting adalah salah satu pilihan terbaik untuk digunakan sebagai tangkai bunga. Tapi ranting pohon bukanlah barang yang mudah untuk didapatkan, apalagi kadang ranting susah untuk dibersihkan sehingga sussah untuk direkatkan dengan lem.
  11. Setelah kelopak serta tangkai sudah siap, saatnya kita menyambungkan keduanya agar menjadi bunga kertas yang utuh. Untuk merekatkan bunga pada tangkai Anda bisa menggunakan selotip, lem atau bisa juga menggunakan stepler.
  12. Agar bunga bisa merekat dengan sempurna, tekan bunga pada bagian atas tangkai, lalu balut menggunakan selotip pada tangkai dan kelopaknya sehingga keduanya menyatu dengan sempurna. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa mewarnai selotip dengan warna yang cocok dengan warna bunga.
  13. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik Anda bisa membuat daun sebagai pelengkap bunga kertas yang telah dibuat. Gunting kertas warna hijau menyerupai bentuk bunga, gambar rusuk daun pada kertas dengan menggunakan pensil.
  14. Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa membeli daun ini pada toko prakarya. Untuk menempelkannya Anda bisa menggunakan selotip atau lem. Bila Anda menyukai hasil yang Anda peroleh, maka buatlah beberapa bunga lagi dengan langkah-langkah yang sama.
Baca Juga : Daftar Cara Membuat 
  1. Cara Membuat Dubsmash Video dengan Mudah
  2. Cara Membuat Akun COC dengan Sangat Mudah
  3. Cara Membuat Aplikasi dengan Mudah 
  4. Cara Membuat CV dengan Mudah dan Contohnya 
  5. Cara Membuat Animasi Sederhana dengan Mudah 
  6. Cara Membuat Pancake Sederhana dengan Cepat 
  7. Cara Membuat Akun Gmail dengan Sangat Mudah 
  8. Cara Membuat Akun BBM dengan Mudah
  9. Cara Membuat Desain Kaos dengan Mudah
  10. Cara Membuat Aquarium dengan Mudah
Mudah bukan? Buatlah kreasi sendiri dengan menggabungkan beberapa warna agar tercipta sebuah bunga yang indah. Selain membuat bunga Anda juga bisa mencoba membuat prakarya lain seperti membuat kincir angin dari kertas krep. Selamat Mencoba!