Cara Membuat Pancake Sederhana dengan Cepat

Cara Membuat Pancake Sederhana - TipsCaraDaftar | Anda suka bereksperimen di dapur? Atau Anda hanya penikmat makanan? Anda pastinya tahu pancake. Salah satu makanan yang lumer dan lembut sekali di mulut adalah pancake. Kue dadar yang terbuat dari campuran tepung terigu, susu, telur dan gula ini sangatlah digemari oleh banyak orang. Apalagi jika dihidangkan dengan sirup, selai, atau mentega di atasnya.

Pancake sangat cocok untuk Anda yang suka membuat jajanan di rumah, cocok juga untuk Anda sediakan ketika sarapan, bekal anak ke sekolah ataupun untuk bekal ke kantor. Membuat pancake bisa sangat sulit atau bisa sangat sederhana. Di rumah, Anda bisa mencoba membuat pancake sendiri secara sederhana. Simak artikel ini untuk tahu cara membuat pancake sederhana.

Cara Membuat Pancake Sederhana


Baca : Daftar Cara Membuat Makanan
Bahan :
  •     110 gram tepung terigu serba guna
  •     1 butir telur ayam ukuran besar (kemudian kocok rata)
  •     1 1/4 sdt baking powder  (Saran: gunakan yang double acting)
  •     1/4 sdt garam
  •     2 sdt white vinegar atau air jeruk nipis
  •     1 1/2 sdm gula pasir
  •     2 sdm mentega atau 40 gram margarine, cairkan.
        Jika menggunakan margarine, lewati penggunaan garam di resep.
  •     135 ml susu cair atau 3 sdm susu bubuk full cream + 130 ml air (aduk rata)

Cara Membuat Pancake

  1. Masukkan susu cair dan white vinegar atau air jeruk nipis/ lemon ke dalam mangkuk berukuran sedang. Kemudian aduk hingga rata dan diamkan selama 5 menit agar susu menjadi asam.
  2. Campuran susu cair dan white vinegar atau air jeruk nipis/ lemon berfungsi sebagai pengganti buttermilk, agar tekstur pancake menjadi lebih lembut dan empuk
  3. Dalam mangkuk terpisah, masukkan tepung terigu, baking powder, garam, dan gula. Kemudian aduk rata hingga gumpalan di tepung menghilang.
  4. Selanjutnya, siapkan mangkuk berukuran sedang dan masukkan mentega cair (yang sudah dingin), susu dan telur yang sudah dikocok sebelumnya. Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata.
  5. Kemudian masukkan tepung terigu ke dalam kocokkan telur dan susu tadi. Lalu aduk hingga tercampur rata menggunakan spatula. Aduk secara pelan dan sebentar saja, jangan berlebihan.
  6. Siapkan wajan datar anti lengket atau wajan teflon, kemudian olesi sedikit mentega pada pemukaannya. Olesi juga bagian dalam cetakan pancake (jika anda menggunakan cetakan pancake)
  7. Kemudian tuangkan satu sendok sayur adonan ke atas pemukaan wajan. Tunggu adonan sampai terdapat gelembung-gelembung kecil pada permukaan adonan.
  8. Lalu, balik adonan agar bagian atasnya juga matang. Jangan ditekan, jika sudah berwarna kecoklatan, berarti sudah matang. Angkat pancake dari wajan, kemudian lakukan langkah nomor 6 dan 7 sampai adonan pancake habis.
  9. Pancake pun sudah siap disantap!
Baca Juga : Daftar Cara Membuat 
  1. Cara Membuat Dubsmash Video dengan Mudah
  2. Cara Membuat Bunga Kertas Sederhana dengan Mudah
  3. Cara Membuat Akun COC dengan Sangat Mudah
  4. Cara Membuat Aplikasi dengan Mudah 
  5. Cara Membuat CV dengan Mudah dan Contohnya 
  6. Cara Membuat Animasi Sederhana dengan Mudah 
  7. Cara Membuat Akun Gmail dengan Sangat Mudah 
  8. Cara Membuat Akun BBM dengan Mudah
  9. Cara Membuat Desain Kaos dengan Mudah
  10. Cara Membuat Aquarium dengan Mudah

Pancake terasa lebih mantap jika masih hangat dan baru matang dari penggorengan. Anda bisa menambahkan sirup, selai, atau mentega di atasnya agar lebih nikmat dan yummy. Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba!